Posted by : SUB RIDER Motovlog Rabu, 02 Juli 2014


Kalian semua pasti sudah tahu akan kelahiran R15 & R25 baru-baru ini bukan. Nah, di artikel kali ini akan membahas tentang mereka ini. Kita mulai YZF-R25 terlebih dahulu oke.

Ini nih penampakannya
keren banget kan !
R25
sumber : http://www.yamaha-motor.co.id/
R25 ini nih mengusung tema “Rev Your Ego” Yamaha R25 memiliki keunggulan yang disuguhkan pada konsumen yakni Revs the engine – Hear it Roars – Feel the power. Motor yang mendapat julukan "Baby M1" ini juga dibekali mesin 4 langkah, 2 silinder segaris berkapasitas 250 cc, DOHC direct drive camshaft 8 katup. Adapun kompresinya mencapai 11,6:1. Untuk power dan torsi, Yamaha juara nya di kelas sport 250cc. Performa Yamaha R25 paling terbesar mencapai 36 hp pada 12.000 rpm dan torsi 22,6 Nm pada 10.000 rpm. Walaupun punya tenaga yang sebesar itu, sebagai rider kita juga harus tetap berhati-hati di jalan. Jangan mentang-mentang lagi touring terus jadiin jalan kaya punya sendiri, kan rider lain juga punya hak. Oke kembali ke bahasan. Selain mesin yang garang, body nya juga keren abis. Desain seperti hiu dengan split seater, full fairing , dan yang paling saya suka adalah Dual Predator Headlight. Sebagai motor sport yang di desain untuk sehari-hari, R25 tidak menggunakan rangka Deltabox dan sebagai gantinya menggunakan rangka Diamond. Mengpa ? Agar bobot lebih ringan tentunya. Karena kelebihan inilah 2600 unit Yamaha R25 laku hanya dalam waktu 25 jam saja. Satu lagi yang saya suka dari motor ini nih, karena sudah memakai 2 silinder raungan mesinnya menjadi sangat sangar. Dan untuk yang ingin keren dan punya rejeki, si R25 ini recommend banget lah. Namun dengan begitu banyak kelebihan, nyatanya ada yang mengeluhkan kekurangan dari anak baru ini. Keluhan pertama, banyak yg bertanya kenapa tangki R25 memakai cover plastik ? Ini sama dengan alasan pihak Yamaha menggunakan rangka Diamond, agar bobot lebih ringan. Dan bentuk asli tangki lebih rendah dan kecil, maka membuat center of grafity yang seimbang. Kekurangan kedua yaitu kapasitas bahan bakar yang lebih kecil dibanding motor sekelasnya dan hanya mampu menampung sekitar 14 liter. Walaupun tangki lebih kecil dari motor sekelasnya, itu tak mengalihkan posisi R25 sebagai pemilik power terbesar dari kompetitor sekelas. Tapi bagi saya hanya satu yang saya keluhkan, mengapa begitu mahal ? hehehe. Karena memang banyak yg bilang "53 juta nambah dikit udh dapet motor *inja" "kemahalan itu, mending motor **R aja". Ya kalo menurut saya nih, daripada nambah ya R25 ini udh pas dengan terbuktinya kalo power motor pabrik tetangga kalah dengan R25. Ya walaupun itu sudah murah saya tetep belum bisa beli sih, hehehe. Terakhir nih ada yang bilang kalau bentuk body nya jelek, nah kalau soal ini sih menurut saya R25 sudah keren. Namun ya memang setiap orang berbeda lah pendapatnya. Jadi mau pilih A,B,C, dan lain-lain itu terserah hati masing-masing, yg penting R25 bisa mewujudkan bagi anda yang ingin "Semakin Di Depan". Nih saya bakal bahas tentang beberapa bagian yang membuat R25 ini makin keren.


sumber : http://www.yamaha-motor.co.id/r25/
1. Dual Predator Highlight
 Pertama di Indonesia. Lampu depan agresif dengan sudut angle yang unik, menghasilkan pencahayaan yang lebih terang, tajam dan fokus. Layaknya Predator yang siap memangsa.

2. Floating Front Disc Brake 
  Sistem pengereman dilengkapi cakram tipe floating berukuran 298 mm & 2 pot kaliper membuat PENGEREMAN LEBIH OPTIMAL

3. Biggest Tube Front Suspension 
  Dengan Inner Tube suspensi depan berukuran 41 mm terbesar dikelasnya sehingga menghasilkan HANDLING MANTAP & STABIL saat menikung pada kecepatan tinggi.

4. Super Sport Speedometer
  Desain speedometer yang racy & multifungsi, dilengkapi Shift Gear Lamp Indicator yang membantu pengendara melakukan perpindahan gigi pada RPM yang tepat untuk meraih tenaga maksimal.

5. Super Sport Split Seat
   Tampilan Jok anti slip ala Super Sport sejati, mendukung performa Sporty Riding yang Optimal.

6. Super Sport LED Tail Light
   Lampu belakang Full LED yang modern dan Sporty, terinspirasi dari YZF-R1. Pertama di Kelasnya.

7. Assymetrical Rear Arm
 Lengan ayun ASIMETRIS berbahan baja yang KUAT & KOKOH menghasilkan pengendalian LEBIH STABIL.

8. Twin Tube Rear Suspension by KYB
  Suspensi belakang Monocross Twin-Tube menghasilkan HANDLING MANTAP & STABIL saat menikung pada kecepatan tinggi.

9. Mid Ship Sporty Muffler
  Tampil Sporty dengan dimensi Compact dan memberikan keseimbangan Center of Gravity yang sempurna. Menghasilkan suara Super Sport Berkarakter, yang mampu menggetarkan jiwa pengendaranya.

10. Alluminium Cast Wide Wheel & Wide Tire
  Velg lebar berbahan aluminium alloy yang KUAT & RINGAN, serta dibalut dengan ban tubeless TAPAK LEBAR, tampilan khas Super Sport Sejati dan performa berkendara yang maksimal.

sumber : http://www.yamaha-motor.co.id/r25/
 R25 sendiri hadir dengan 3 varian warna :
  • Racing Blue
  • Diablo Red
  • Predator Black
Sumber : http://www.yamaha-motor.co.id/r25/

Mungkin sekian dari saya tentang R25 untuk lebih jelasnya dapat dilihat di Yamaha R25.
sumber : http://www.yamaha-motor.co.id/r15/
Sekarang berlanjut ke seri lain dari Yamaha R-series yaitu R15. Nah, R15 ini termasuk motor baru nih tapi penjualan nya nggak kalah dengan pendahulunya yaitu NVL. Walaupun termasuk dalam famili R nih, ada banyak rider yang suka modifikasi bilang mending beli vixion, mending beli motor merk tetangga, dan lain-lain. Kata-kata "Mending" ini nih yang kadang bikin orang bingung memilih. Kalo nurutin "mending" sih ga bakal ada habisnya, hehehe. Jadi lebih baik dipahami spesifikasi masing-masing terlebih dahulu baru lah bisa menyatakan kelebihan dan kekurangan suatu produk di pasaran. Okelah kembali ke pokok bahasan. R15 digosipkan bahwa mesinnya sama persis dengan NVL dan hanya berbeda pada transmisi. NVL hanya 5 speed sedangkan R15 ini 6 speed. Walaupun begitu, nyata nya memang penjualan untuk R15 sedang ramai saat ini, tetangga saya aja sudah ada yang punya R15 warna hitam.  Oke dimulai dengan body. Desain R15 ini memang mengarah ke sport fairing seperti kakak-kakak R series nih. 
Full fairing dengan dual headlight yang keren ini menarik para konsumen untuk memiliki R15 ini. Tapak ban lebar dengan ukuran besar membuatnya terlihat lebih sporty. Menurut saya hanya satu kekurangan dari R15, yaitu ada beberapa pembeli yang memesan melalui inden online yang bertujuan membuat pelanggan dapat mendapatkannya lebih cepat namun nyata nya belum datang juga. Sedangkan pembeli yang datang ke dealer resmi yamaha yang menyediakan R15 dapat langsung membeli dan membawa pulang. Sekarang masuk ke bagian mesin. Mesin yang mendorong R15 ini bisa mencapai  mencapai 16,3 hp pada 8.500 rpm dan torsi14,5 Nm pada 7.500 rpm. Adapun kompresi silindernya 10,4:1. Jika mendengar kata orang mesin R15 sama dengan Vixion, bisa kita lihat perbedaannya pada gambar ini.


New Vixion Lightning
sumber : http://www.yamaha-motor.co.id/new-vixion/

R15
sumber : http://www.yamaha-motor.co.id/r15/

Dari data yang saya dapat dari web resmi YIMM nih. Ternyata memang terbukti bahwa spesifikasi dari mesin R15 sama dengan milik NVL dan hanya berbeda pada transmisi. Ya jadi bisa juga si R15 ini disebut masih saudara dengan Vixion. Seperti R25, R15 hadir dengan 3 varian warna pula, yaitu

  • Racing Blue
  • Midnight Black
  • Supernova Red
Nih foto beberapa bagian dari R15 
sumber : http://www.yamaha-motor.co.id/r15/
Lebih lengkap dapat dilihat di : YAMAHA R15


Jadi mau pilih si R25 atau R15 ? Atau bahkan keduanya ? Itu semua terserah pada anda, yang jelas R15 & R25 itu keren abis dan pastinya kalau dijalan bisa jadi pusat perhatian deh, gak kalah sama motor-motor lain. Info lebih lengkap, kunjungi Web Resmi Yamaha.

Oke sekian artikel dari saya. Jika ada kekurangan saya mohon maaf. Terima kasih atas kunjungan anda dan Salam Satu Aspal ! YAMAHA SEMAKIN DI DEPAN :)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Codina Blog's : Share Everything -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -